Apa Yang Harus Dilakukan Pada Persimpangan Jalan

simpang.jpgSebuah persimpangan ialah suatu tempat di mana dua jalan atau lebih bertemu.Banyak kecelakaan terjadi di persimpangan. Hal ini membuat persimpangan menjadi tempat di mana anda harus hati-hati.
Tetaplah waspada, perhatikan dengan baik sekeliling anda dan taati peraturan.
Lalu lintas di persimpangan dikendalikan oleh :
• Alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL).
• Rambu lalu lintas.
• Marka jalan.
• Petugas polisi lalu lintas.

Rambu yang mungkin ada di persimpangan adalah :

  • Rambu tanda berhenti dan memberi jalan dapat digunakan untuk meningkatkanrambu-stop.gif keselamatan pada persimpangan.
  • Kalau anda menghadapi rambu “Beri Jalan” anda harus memberi jalan pada semua kendaraan yang datang dari arah yang anda tuju. Tidak menjadi masalah apakah mereka berbelok atau jalan terus, anda harus memberi jalan.
  • Kalau menghadapi rambu “Berhenti” anda harus :
    • Berhentilah sebelum garis berhenti, tapi sedekat mungkin ke garis tersebut.
    • Beri jalan pada semua kendaraan yang berjalan di jalan yang anda datangi. Tidak jadi masalah apakah mereka akan berbelok atau jalan terus; anda harus memberi jalan.

mbilstop.gifMarka melintang yang tidak terputus yang berdekatan dengan rambu tanda berhenti, menunjukkan di mana anda harus berhenti dengan benar.

Marka melintang yang terputus-putus y a n g berdekatan dengan rambu pemberi jalan menunjukkan untuk memperlambat dan mempersiapkan kendaraan untuk berhenti.

Peraturan “Beri jalan”
Arti “Beri jalan”

Ada peraturan-peraturan untuk memisahkan siapa yang memberi jalan pada siapa :
1. Pada alat pengatur isyarat lalu lintas, orang yang menghadapi lampu-lampu berwarna merah dan kuning harus berhenti dan memberikan jalan kepada yang lain untuk maju.
2. Pada rambu-rambu berhenti dan beri jalan adalah sama jelasnya siapa yang harus memberi jalan. Yaitu orang yang menghadapi rambu itu.
3. Pada banyak persimpangan tidak terdapat lampu ataupun rambu-rambu. Pada persimpanganpersimpangan ini perangkat peraturan-peraturan yang menetapkan siapa yang harus memberi jalan.
Dalam contoh berikut, mobil “B” ada di jalan utama dan karena itu mempunyai prioritas atau hak atas jalan. Mobil “A” harus berhenti dan memberi jalan pada mobil “B”.
Pada persimpangan yang bukan persimpangan T dan tidak diawasi oleh alat pengatur isyarat lalu lintas atau rambu-rambu lalu lintas, terdapat ketentuan yang mengatakan pada anda, kendaraan yang mana yang harus memberi jalan.

mbildisimpng.gifKendaraan yang berdekatan dengan kendaraan lain di sebelah kirinya harus berjalan lambat atau berhenti dan membiarkan kendaraan di sebelah kirinya tersebut melewatinya. Anda harus ingat meskipun anda tidak berhak disebut sebagai yang menyebabkan suatu situasi yang berbahaya dan jika pengemudi lain tidak mentaati peraturan itu, anda harus siap untuk berhenti untuk menghindari suatu kecelakaan.
Diagram berikut menunjukkan bagaimana peraturan ini bekerja dalam situasi yang berbeda untuk simpang empat dan tiga berbetuk Y (bukan persimpangan T), di mana semua jalan sama pentingnya dan tidak dikendalikan oleh alat pengatur isyarat lalu lintas atau rambu-rambu.

Dalam contoh, mobil A harus memberi jalan pada mobil yang lain.
Contoh 1 : Kalau anda berada dalam mobil A dan meneruskan perjalanan lurus melaluimbil2.gif suatu simpang empat, anda harus memberi jalan pada kendaraan yang memasuki persimpangan itu dari sebelah kiri.
Contoh 2 : Kalau anda berada di mobil A dan belok ke kanan, anda harus mbil3.gifmemberi jalan kepada kendaraan yang mendekati persimpangan dari arah berlawanan atau dari kiri
anda.

Pada simpang bentuk Y anda harus memberi jalan pada kendaraan yang datang darimbil4.gif sebelah kiri anda. Diagram pada halaman ini memperlihatkan bagaimana memberi jalan pada persimpngan T yang tanpa alat pengatur isyarat lalu lintas atau rambu lalu lintas.

simpang.gif

Pada persimpangan T di mana alat pengatur isyarat lalu lintas tidak menyala atau memancarkan warna kuning kelap kelip, maka berlaku ketentuan seperti persimpangan tanpa lampu pemberi isyarat lalu lintas.
Lalu lintas pada jalan yang melalui persimpangan harus memberi jalan :
1. Kepada lalu lintas yang berjalan sepanjang atas huruf T dari kiri atau kanan.
2. Dan kepada lalu lintas yang berbelok dari huruf T dari kiri atau dari kanan.
Dalam tiga gambar ini, kendaraan A harus memberi jalan kepada semua kendaraan lain.

mbil5.gif

9 Balasan ke Apa Yang Harus Dilakukan Pada Persimpangan Jalan

  1. Yuma mengatakan:

    terima kasih infonya…ada tambahan infolg ga mengenai peraturan lalu lintas pada persimpangan T. apakah ada UU atau PP? terima kasih.

    jawab :
    paraturan yang mengatur yaitu PP no 43 tahun 1993 tentang prasarana dan lalu intas di situ dapat diketahui tentang tata cara berlalu intas di jalan dan untuk traffic light (apill) di KM perhubungan no, 62 tahun 1993 tentang APILL
    trimakasih kembali

  2. Melki mengatakan:

    Terimakasih pak blog anda sangat membantu. Kebetulan saya mau ambil SIM tapi di website ditjen perhubungan saya bingung nyari peraturan peraturan yang mana. Di blog ini lebih enak browsingnya : )

  3. kurniawan mengatakan:

    Trimakasih.. saya rasa banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana harus bersikap di jalan ..
    bravo..! semoga ini akan mengurangi la-ka dan menjadi tertib

  4. Lea mengatakan:

    Thanxs…benar2 bermanfaat

  5. addin mengatakan:

    woi dab…

  6. jefi21 mengatakan:

    sip sip sip
    thx very much, its very usefull…

  7. nirka mengatakan:

    terimakasih infonya…oya, sebagian infonya boleh saya ambil untuk di taruh di blog saya? pastinya saya kasih link sumber dari blog ini. terimakasih :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.