Jangan Mengamudi Jika Anda Lelah

leleh.jpgKondisi lelah dapat menimbulkan resiko kecelakaan. Kelelahan menyebabkan anda kurang
waspada terhadap hal yang terjadi di jalan, dan kurang mampu bereaksi dengan cepat dan amanpada saat situasi genting terjadi. Kelelahan pengemudi menyumbang lebih dari 25%
kecelakaan.
Apakah anda memiliki resiko kelelahan?
Dua penyebab utama kelelahan adalah kurangnya waktu tidur dan berkendara pada saat anda semestinya tidur. Bila anda kurang tidur maka anda akan berhutang untuk tidur dan anda memiliki resiko kecelakaan yang disebabkan kelelahan ini.

Faktor beresiko lain.

Anda juga beresiko terlibat kecelakaan karena kelelahan jika anda :

  1. mengemudi pada dini hari (jam 1 s/d 6 pagi), untuk sebagian dari kita ini adalah waktu normal untuk tidur. Juga mengemudi pada jam tidur siang (jam 1 s/d 5 sore), ketika sebagian dari kita merasa mengantuk.
  2. memulai perjalanan setelah bekerja selama seharian. memiliki masalah dengan tidur. Gejalanya adalah tiba-tiba mendengkur keras, resah pada saat tidur dan merasa lelah selama seharian.

Apakah ciri kelelahan?
Ciri/gejala kelelahan meliputi :
1. menguap terus menerus.
2. mengemudi zig-zag.
3. perih pada mata.
4. kesulitan mengangkat kepala anda.
5. lambat dalam bereaksi.
6. berhalusinasi.
7. kesulitan mengingat beberapa km yang lalu.
8. mengemudi dengan kecepatan yang berubah-ubah.

Bagaimana jika saya mulai merasa lelah?
Jika anda mulai merasa lelah pada saat mengemudi, anda harus :

  • tidur sejenak. Riset telah membuktikan bahwa tidur sejenak selama 10 menit atau lebih secara nyata dapat menurunkan resiko kecelakaan karena kelelahan.
  • Strategy lainnya adalah dengan melakukan tidur sejenak sebelum anda memulai perjalanan anda.

Bagaimana menghindari kelelahan pada pengemudi.

Untuk melindungi diri anda dari
kecelakaan yang disebabkan oleh kelelahan antara lain :

  1. pastikan anda telah cukup tidur.
  2. tetap waspada pada waktu tidur , anda berada pada resiko kecelakaan bila mengemudi antara jam 1 s/d 5 sore.
  3. jangan mulai memulai perjalanan panjang setelah bekerja sepanjang hari.

Jangan terlena dengan mitos tentang kelelelahan!
Berikut ini mitos umum tentang kelelahan yang tidak benar adanya :

  1. beristirahat sejenak akan membuat saya aman. Melakukan istirahat secara teratur mungkin dapat menunda kelelahan, tetapi sekali anda merasa lelah anda harus tidur/beristirahat.
  2. kopi adalah cara yang ampuh melawan rasa lelah. Kopi hanya memberi keuntungan dalam waktu singkat. Saat efeknya telah hilang, anda akan menderita rasa kantuk yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.
  3. mendengarkan musik dapat membantu terjaga. Hal ini hanya membantu dalam waktu singkat saja.
  4. hembusan air segar dari jendela akan membuat saya terjaga. Lagi, hal ini dapat membantu tapi jika anda lelah, hal ini hanya membantu untuk waktu yang singkat.
  5. orang berusia muda tidak butuh banyak tidur. Kenyataannya pengemudi di bawah usia 25 tahun lebih sering terlibat kecelakaan akibat kelelahan.
  6. saya tahu kapan saya lelah, atau kapan saya terserang rasa kantuk. Bahayanya adalah anda hanya tahu betapa lelahnya anda ketika semuanya telah terlambat.

Dengan kata lain, mengemudi dalam keadaan lelah tidaklah melanggar peraturan, tetapi
mempunyai efek layaknya mengemudi dalam keadaan mabuk!

Ingat…. satu-satunya cara menanggulangi kelelahan adalah
dengan tidur.

Satu Balasan ke Jangan Mengamudi Jika Anda Lelah

  1. AING TEA mengatakan:

    BAGUS JUGA COY…. SELAMAT YA….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s