Sabuk Keselamatan

images.jpgMenggunakan sabuk keselamatan adalah salah satu hal yang paling mudah dan efektif untuk melindungi anda sebagai pengendara ataupun penumpang di dalam mobil. Fakta ini cukup diketahui oleh masyarakat, tetapi setiap tahunnya sekitar 20% pemilik mobil tewas akibat kecelakaan karena tidak menggunakan sabuk keselamatan. Ratusan korban lainnya menderita cacat karena ketika terjadi kecelakaan, mereka tidak menggunakan sabuk keselamatan.

Bagaimana sabuk keselamatan menyelamatkan kita?
Sabuk keselamatan :
1. Menyebar dampak tekanan ke bagian tubuh yang lebih kuat.
2. Meminimalkan kontak interior di dalam kendaraan.
3. Mencegah terlemparnya pengendara keluar kendaraan.

Bagaimana anda membantu diri anda. Di dalam peraturan yang berlaku, seseorang yang bepergian dengan mobil wajib mengenakan sabuk keselamatan. Jika anda seorang pengemudi, sebelum menjalankan mobil anda wajib memastikan :
1. Sabuk keselamatan anda telah dikencangkan dan disesuaikan dengan benar.
2. Sabuk keselamatan untuk penumpang telah dikencangkan dan disesuaikan dengan benar.
3. Anak-anak telah terlindung dengan sempurna.

Jika anda sebagai penumpang :
1. Pastikan sabuk keselamatan anda telah dikencangkan dan disesuaikan dengan benar.
2. Menganjurkan kepada pengemudi dan penumpang lain agar menggunakan sabuk
keselamatan.

Jagalah sabuk keselamatan anda dalam kondisi baik.
Jika anda memiliki mobil, periksa kondisi sabuk keselamatan anda setiap saat anda melakukan perawatan berkala. Pastikan :
1. Sabuk pengaman tidak dalam kondisi terlilit, terpotong atau terjuntai.
2. Kunci pengaman dapat berfungsi dan dapat membuka dengan baik.

Pastikan bahwa anak anak dalam keadaan aman pula. Anak-anak harus terlindungi dengan aman pada tempat duduk yang telah dilengkapi dengan sabuk pengaman sesuai dengan ukuran dan berat tubuh mereka sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sangatlah penting untuk memastikan bahwa sabuk pengaman untuk anak anda ini memang cocok dengan kendaraan anda.

Hal lain yang juga penting untuk diingat agar anak anda terlindungi dengan baik temasuk :
Selalu lindungi anak anda dengan sabuk keselamatan, meskipun hanya menempuh jarak yang singkat.

  1. Jangan pernah mendudukkan anak/bayi anda pada pangkuan anda.
  2. Jika mobil anda belum dilengkapi dengan sabuk keselamatan untuk anak-anak, lebih baik anak anda dipakaikan sabuk keselamatan untuk orang dewasa yang telah disesuaikan daripada tidak melakukan apapun.
  3. Jangan pernah membiarkan dua orang yang berbeda ukuran tubuhnya menggunakan satu sabuk keselamatan yang sama.

Sabuk keselamatan pada truk. Penelitian telah menunjukkan bahwa seorang sopir truk yang menggunakan sabuk keselamatan memiliki peluang selamat 4 kali lebih besar daripada sopir truk yang tidak menggunakan sabuk keselamatan sama sekali. Satu keuntungan terbesar dari penggunaan sabuk keselamatan adalah dapat menahan sopir pada tempat duduknya. Hal ini mungkin dapat membantu mereka mengendalikan truk mereka dan dapat menghindari kecelakaan sedini mungkin.

Dasar hukum penggunaan sabuk keselamatan :
Undang undang No.14 tahun 1992, Pasal 23 (2) Penumpang kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang duduk di samping pengemudi wajib memakai sabuk keselamatan.
Pasal 61 (2) Barangsiapa tidak menggunakan sabuk keselamatan pada waktu mengemudi- kan kendaraan bermotor roda empat atau lebih dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda setinggi-tingginya Rp 1.000.000,-(satu juta rupiah). Barangsiapa tidak memakai sabuk keselamatan pada waktu duduk di samping pengemudi kendaraan bermotor roda empat atau lebih, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda setinggi-tingginya Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah).

Bagaimana anda membantu penggunaan sabuk keselamatan?
Anda memiliki kewajiban menjamin keselamatan dan menganjurkan penggunaan sabuk
keselamatan. Hal ini termasuk :

  1. Memastikan semua kendaraan milik perusahaan telah dilengkapi dengan sabuk keselamatan.
  2. Menganjurkan penggunaan sabuk keselamatan bila berkendara menggunakan kendaraan perusahaan, baik sebagai penumpang maupun sebagai pengemudi.
  3. Penggunaan sabuk keselamatan bagi operator fork lift.
  4. Memastikan perawatan sabuk keselamatan secara berkala.
  5. Menyediakan jasa penyuluhan bagi yang enggan menggunakan sabuk keselamatan.

Mitos mengenai sabuk keselamatan. Berikut ini adalah mitos mengenai penggunaan sabuk
keselamatan yang tidak benar :

  1. Karena hanya jarak dekat, maka saya tidak perlu menggunakan sabuk keselamatan. Itu adalah salah!. Kecelakaan biasanya terjadi dalam jarak 10 km dari rumah, sangatlah penting ntuk menggunakan sabuk keselamatan walau hanya menempuh jarak yang singkat.
  2. Tidak perlu memakai sabuk keselamatan karena saya tidak mengebut. Itu adalah salah!. Sebuah tabrakan pada kecepatan 40 km/j memiliki dampak bagaikan terjatuh menghantam beton dari lantai dua sebuah bangunan.
  3. Jok belakang jauh lebih aman. Hal ini adalah salah!. Riset membuktikan bahwa jok belakang tidak lebih aman dari jok depan jika anda tidak menggunakan sabuk keselamatan.
  4. Bukan urusan saya jika penumpang saya tidak menggunakan sabuk keselamatan. Ini adalah salah!. Dalam sebuah kecelakaan, penumpang yang tidak megenakan sabuk keselamatan dapat membahayakan bahkan menewaskan penumpang lain.
  5. Wanita hamil tidak harus menggunakan sabuk keselamatan. Hal ini salah! Hal ini dibenarkan apabila ada surat pernyataan resmi dari ahli medis yang menyatakan adanya alasan medis yang menyatakan wanita hamil tersebut tidak perlu menggunakannya. Penggunaan sabuk keselamatan yang tepat dapat melindungi sang ibu dan bayi yang dikandungnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s